Breathing Therapy

Practice this way and it will help you....

breathing therapy meditation


Our noses have left and right nostrils. Are these nostrils having the same function for inhaling (breathe in) and exhaling (breathe out)?

我們有左邊、右邊鼻孔,吸氣、吐氣時有沒有一樣?

Kita meiliki hidung berlubang disebelah kiri dan disebelah kanan, apakah fungsinya sama untuk menghirup dan membuang nafas?


Actually it's not the same and we can feel the difference. Accordingly, the right side represents the sun and the left side represents the moon.

其實不一樣,可以感覺不一樣;右邊等於是太陽的意思,左邊等於是月亮.

Sebenarnya fungsinya tidak sama dan dapat kita rasakan bedanya; sebelah kanan mewakili matahari (mengeluarkan panas) dan sebelah kiri mewakili bulan ( mengeluarkan dingin).


When having headache, try to close your right nostril and use your left nostril to do breathing for about 5 min. The headache will be gone.

平常頭痛時可以用手把右邊鼻孔關起來,只用左邊鼻孔吸氣、吐氣,約五分鐘,頭痛就好了。

Jika sakit kepala, cobalah menutup lubang hidung sebelah kanan dan bernafaslah melalui hidung sebelah kiri dan lakukan kira-kira 5 menit, sakit kepala akan sembuh.


If you feel too tired, do it the opposite way. Close your left nostril and breathe through your right nostril. After a while, you will feel refresh again.

如果疲倦、累了,相反的關起左邊的鼻孔,只用右邊吸氣、吐氣,不用多久,馬上精神好起了。

Jika Anda merasa lelah, lakukan bolak-balik. Tutup lubang hidung sebelah kiri dan bernafaslah melalui hidung sebelah kanan. Tak lama kemudian, Anda akan merasakan segar kembali.


Because the right side belongs to heat, so it gets hot easily. The left side gets cold easily.

因為右邊屬於火氣,比較會熱,左邊比較會涼。

Sebab lubang hidung sebelah kanan mengeluarkan panas, sehingga gampang sekali panas, Lubang hidung sebelah kiri mengeluarkan dingin..


Women breathe mainly with their left nostril, so they get calm down easily.

女生大部分吸氣、吐氣在左邊,所以心比較會涼快。

Perempuan bernafas lebih dengan hidung sebelah kiri, sehingga hatinya gampang sekali dingin.


Men breathe mostly with their right nostril, so they get angry easily.

男生大部分吸氣、吐氣在右邊,所以他們比較會生氣。

Laki-laki bernafas lebih dengan hidung sebelah kanan, sehingga gampang sekali marah.


When we wake up, do we notice which nostril breathes faster? Is it the left side or the right side?

我們起床時,可以注意哪邊吸氣、吐氣比較快?左邊或右邊?

Apakah Anda ada memperhatikan pada saat bangun, lubang hidung sebelah mana yang bernafas lebih cepat ? Sebelah kiri atau kanan ?


If the left nostril breathes faster, you will feel very tired.. Close your left nostril and use your right nostril for breathing and you will get refresh quickly.

如果左邊比較快,覺得提不起精神,可以關起左邊鼻孔,用右邊呼吸,很快的精神會好起來。

Jika lubang hidung sebelah kiri bernafas lebih cepat, Anda akan merasa sangat lelah. Tutuplah lubang hidung sebelah kiri dan gunakan lubang hidung sebelah kanan untuk bernafas, Anda akan merasa segar kembali dengan cepat...


You can teach your kids about it. The effect of breathing therapy is much better for adults.

這也可以教給小孩,大人用更好。如果你有警覺心的話,速度更快。

Cara tersebut boleh diajarkan kepada anak-anak, tetapi efeknya akan lebih baik diterapkan kepada orang dewasa.


I used to have painful headache. When consulted a doctor, he told me jokingly," You will be all right if you get married!" The doctor did not bullshit me as he had his theory and supported with testimony.

以前我曾經頭痛,痛得非常厲害,去看醫生,醫生說 "你去結婚就好了!" 醫生說得沒錯,他有理論根據。

Saya biasanya merasakan sakit kepala, dan rasanya nyeri. Kemudian saya berobat ke dokter dan beliau mengatakan ,"Anda akan sembuh jika berumah tangga!" Dokter itu tidak bicara omong kosong. Apa yang dia sampaikan didukung dengan teori dan kesaksian.


During that time, I used to have headache every night and I was not able to study. I took medicine but I was not cured...

當時每天晚上都頭痛,沒有辦法看書,有吃藥,也不是辦法。

Pada saat itu, setiap malam saya merasakan sakit kepala dan tidak dapat belajar. Saya makan obat, tetapi tidak dapat sembuh..


One night as I sat down to meditate, I closed my right nostril and breathed with my left nostril. In less than a week, it seemed that my headache problem had left me! I continued doing it for about a month and since then there was no recurrence of headache in me.

有一天晚上靜坐,關起右鼻孔呼吸,這樣子做,不到一個禮拜,頭痛好了!持續做了一個月,從那天晚上到現在,一次也沒有頭痛過。

Pada suatu malam. saya duduk bersemedi dan menutup lubang hidung sebelah kanan dan bernafas dengan lubang hidung sebelah kiri. Dalam kurang dari satu minggu, sakit kepala saya sembuh. Saya teruskan melakukannya selama 1 bulan, sejak malam itu sampai sekarang , sakit kepala saya tidak kambuh lagi.


This is my own experience. I used to tell others who also suffer headache to try this method as it was effective for me. It also works for those who have tried as well. This is a natural therapy, unlike taking medicines for a long time may have side effect. So, why don't you try it out?

這是我自己親身經驗過,每一次我告訴別人,你們頭痛的話,試試看,因為我的身體有效果,很多人試過也有效果。這是一種自然的處理,不像吃藥會有副作用,為什麼不用呢?

Ini adalah yang saya alami sendiri. Saya beritahukan kepada orang lain, jika sakit kepala, boleh mencoba cara tersebut, sebab sangat efektif buat saya. Banyak orang pun telah mencoba dan berhasil. Ini adalah terapi alami, tidak seperti memakan obat dalam jangka panjang akan ada efek sampingnya. Jadi kenapa Anda tidak mencobanya ?


Practice the correct ways of breathing (breathe in and breathe out) and your body will be in a very relaxing condition.

經常清楚的吸氣、吐氣,身體會覺非常輕鬆。

Selalulah mecoba terapi perrnafasan ini, tubuh Anda akan merasa sangat tenang sekali (rileks).